Simple Concept of Love: Memahami Cinta

image

“Cinta” ialah kata sakral bagi manusia bahkan bagi semua makhluk yang hidup. Namun tahukah kita apa itu cinta?

Sudah hampir 19 tahun saya jalani hidup saya dengan tanpa mengetahui cinta. Banyak sekali pertanyaan yang terpendam di hati saya. Dulu saat saya masih disebut sebagai bocah, saya menulis di diary “biarkan aku yang dewasa yang tau apa rasanya cinta!” Namun sekarang, setelah beberapa tahun terlewati ternyata semuanya terasa sama, hambar. Sampai saat ini, saya tidak pernah mengenal cinta. Hanya pertanyaan tentang cinta yang muncul dan menumpuk. Hehe…

Here the question:
Seperti apa rasanya cinta? Apa yang membuat kita jatuh cinta? bukankah cinta hanya kreasi perasaan kita semata? Apakah kita semua dapat merasakan cinta? Jika cinta hanya kreasi kita, lalu harus bagaimana kita menyikapinya? Definisi cinta yang sebenarnya itu bagaimana? Apa itu cinta? Bagaiman rasanya kita miliki cinta dalam diri kita? Dan sebagainya, dan sebagainya.

Oleh karenanya, dengan penuh penasaran saya mencoba mencari jawaban. Hasilnya, saya haya mendapat beberapa poin saja.

Then, here the answer:

  • Cinta dan kawannya yang lain seperti sayang dan suka ‘katanya’ berbeda. Untuk poin ini saya bertanya, apa perbedaan antara itu semua?
  • Jatuh cinta disebabkan oleh beberapa faktor yang lumayan baku, seperti faktor fisik orang yang dicintai, sifat dan sikap, dsb.
  • Dengan poin nomor dua di atas, dapat saya pahami bahwa kita bisa saja mencintai orang yang baru saja kita temui, asalkan ia sesuai dengan apa yang kita harapkan (tipe kita) dari segi fisik dan sikapnya. Itulah sebabnya, tidak sedikit orang percaya pada cinta pandangan pertama.
  • ‘Kesesuaian’, mungkin kata inilah yang menjadi kata kunci atas jawaban mengenai mengapa seseorang jatuh cinta dan apa itu cinta. Namun kata itu saja dirasa tidak akan sanggup mewakili ‘Cinta’.
  • Jika kesesuaian juga merupakan satu di antara banyaknya substansi cinta. Saya mencoba memutar balikan memori dan menelaah apakah saya pernah merasakan kesesuaian itu?

That’s all the point…

Okee… itu saja yang bisa saya share tentang Cinta. Simpelnya, dua orang yang jatuh cinta itu ibarat dua potongan puzzle yang pas. Implikasinya, kita tidak bisa menemukan orang yang sempurna untuk kita cintai tapi kita bisa menemukan orang yang kekurangannya dapat kita pahami. Seberapa bisa kita memahami dan mengerti orang yang kita cintai maka sekuat itu pula cinta kita.

image

Then, Cinta hanyalah tentang kesesuaian, kekuatan memahami dan mengerti.

Catatan ini, insyaAllah akan terus saya perbarui. 😂

Leave a Reply

