Mengapa Pangsa Pasar Perbankan Syariah Rendah?

Bank syariah di Indonesia sudah berkarir cukup lama. Sejak tahun 1991, banyak Bank syariah yang didirikan di Indonesia. Hingga saat ini, tercatat sudah sekitar 23 bank syariah yang tersebar.

Peluang bank syariah di Indonesia tentu sangat menjanjikan. Mengingat Indonesia merupakan negara dengan penduduk mayoritas muslim, maka bank syariah berpeluang besar untuk memiliki pangsa pasar yang masif. Namun, ekspektasi tidak semulus realita. Pangsa pasar perbankan syariah hingga kini belum mencapai 5 %. Pangsa pasar bank syariah masih jauh lebih rendah ketimbang bank konvensional. Mengapa?

Banyak penelitian yang menyimpulkan penyebab-penyebab dari rendahnya pangsa pasar perbankan syariah. Di antara yang paling berpengaruh ialah kurangnya kesadaran masyarakat mengenai eksistensi perbankan syariah.
Penyebab yang paling berpengaruh tersebut merupakan sebab-sebab non teknis. Untuk sebab teknis itu sendiri, bank syariah tidak memiliki hambatan yang signifikan. Misalnya saja, biaya layanan bank syariah yang lebih rendah ketimbang bank konvensional membuat bank syariah lebih berpeluang dalam meningkatkan pangsa pasarnya dari pada bank konvensional.

Sosialisasi Perbankan Syariah

Adanya perbankan syariah bertujuan untuk memfasilitasi umat Islam dalam pengelolaan dana dan dalam pembiayaan. Umat Islam yang sebelumnya masih bertransaksi di bank konvensional yang menganut sistem riba, dapat berpindah ke bank syariah yang sudah sesuai dengan prinsip syariah. Hal tersebut mesti disosialisasikan kepada masyarakat. Dengan sosialisasi perbankan syariah, maka diharapkan masyarakat dapat menyadari bahwa menjadi nasabah bank konvensional tidak sesuai dengan prinsip Islam -hukumnya haram-

Penyebab lainnya ialah the early mover advantages, yakni bank konvensional sudah beroperasi lebih dulu ketimbang bank syariah sehingga bank konvensional mampu menguasai pangsa pasar perbankan nasional. Banyak nasabah muslim yang sudah menjadi langganan bank konvensional, sehingga sulit untuk melepaskan diri dari bank konvensional itu.

Itulah di antara penyebab dari rendahnya pangsa pasar bank syariah. Tentu dalam meningkatkan pangsa pasar perbankan syariah, diperlukan program program yang efesien dan efektif serta dukungan dari nasabah perbankan syariah untuk membantu perbankan syariah dalam mensosialisasikan eksistensinya.

Tita NS

Advertisements

2 thoughts on “Mengapa Pangsa Pasar Perbankan Syariah Rendah?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s