Menggunakan Topeng dalam Pergaulan

Mind in the morning:
Aku pernah berdiskusi dengan senior soal ini -judul di atas-
Kata seniorku: dalam pergaulan kita perlu mengenakan topeng. Sembunyikan siapa diri kita sebenarnya, dan tampakan dirimu yang disenangi oleh orang agar kau mudah bergaul. Aku mendebat seniorku ini, karena dalam perspektifku .. Islam tidak boleh munafik.

Mengenakan topeng dalam pergaulan sama artinya dengan kemunafikan. Islam bergaul dengan tulus dan apa adanya.

Whatever, pembaca mau berpendapat apa, berpendapat kalau aku ini terlalu berpikir tradisional atau yang lainnya. Tapi bagiku memang seperti itu.

Tidak seharusnya kita mengenakan topeng dalam pergaulan kita. “Bergaul yang tulus tulus sajalah, jangan dibuat buat.”

Ketika aku mendebat seniorku itu, aku mencoba menerangkan seperti apa cara bergaulku. Aku ceritakan kepadanya bahwa aku selalu mencoba untuk menampakan kebaikan di depan semua orang, aku selalu berusaha menjadi pribadi yang ramah, peduli, dan rendah hati. Dan, itu semua tulus dari dalam benakku. Aku tidak pernah berpura pura bodoh di depan orang, berpura pura menjadi orang lain atau menjadi orang yang menyenangkan (baca: pusat perhatian dengan candaan). Bagiku, membuat orang senang bukanlah tanggung jawabku.

Dalam perspektifku, saat kita bergaul dengan penuh kesenangan, maka predikat menyenangkan adalah hak kita. Artinya, pribadi yang menyenangkan adalah diri kita yang sebenarnya, atau dengan kata lain, kita tidak mengenakan topeng sama sekali.

Dalam perspektifku… menerima diri kita sendiri, menerima kenyataan tentang diri kita sendiri ialah hal yang diperlukan untuk melepaskan topeng yang kita pikir kita mengenakannya. Begini, jika kita berpikir bahwa kita sedang “berpura pura” menjadi pribadi yang menyenangkan di hadapan orang maka pribadi kita yang sebenarnya ialah munafik.

Tita NS

Leave a Reply

