Apa itu Emotional Quotient (EQ)??

Menjalani hidup, tidak hanya mengandalkan kecerdasan semata namun juga kemampuan soft (soft skill). We absolutely need soft skill.

Soft skill, saya pahami sebagai kemampuan mengolah emosi (EQ), baik emosi sendiri maupun emosi orang lain. Melatih soft skill berarti kita belajar mengenali seperti apa ‘pola’ emosi kita serta mengenali apa yang sedang dirasakan oleh orang di sekitar kita. Kemudian setelah itu, kita mesti mengontrol, mengatur, dan mengayomi emosi kita serta memahami dan mengerti emosi orang di sekitar kita.

Dari sumber yang saya dapatkan, EQ jauh lebih penting dari IQ.
Misalnya, suatu film tidak akan pernah mendapatkan rating yang bagus bila tidak mendahulukan rasa ketimbang otak, lagu tidak akan disebut oke bila tidak menyayat-nyayat rasa (baca: hati), bahkan seorang pegawai akan dipecat -sekalipun ia pegawai teladan- bila ia tidak kolaboratif dengan yang lain.

Semua hal di zaman sekarang memerlukan keterlibatan emosi dalam keberadaannya. Contoh, saat anda diinterview kemudian ditanya soal motivasi, maka yang akan menjadi jawaban paling menarik adalah yang menyentuh hati atau dengan kata lain yang melibatkan emosi.

EQ merupakan kemampuan mengerti dan memahami emosi baik emosi diri sendiri maupun orang lain. Untuk memahami itu, kita mesti pandai membaca situasi dan kondisi lingkungan di sekitar kita.

Pantas saja, jika Allah SWT pertama-tama memerintahkan kita untuk membaca. Nyatanya, kemampuan ini menjadi sangat penting bagi kita.

Sebenarnya EQ sudah ada dalam diri kita, tapi bagaimana kita menyadari dan kemudian mengontrolnya adalah yang penting. Tidak sedikit orang, yang malah menomorduakan kemampuan memahami emosi ini. Sehingga kondisi emosi mereka sering kali tidak terkontrol.

Sering marah, tidak percaya diri, kurang empati, tidak pandai mendengarkan, senang menyombongkan diri, senang sekali dipuja dan dipuji, terlalu menganggap dirinya superior, tidak menghargai orang lain, menganggap remeh orang lain, dengki, dan sebagainya.. merupakan ciri dari kurangnya EQ seseorang.

Tita NS

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s